Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
Jeruk nipis atau tanaman perdu yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia memiliki ukuran yang kecil serta rasa yang sedikit pahit dan asam namun ternyata  dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat.Hal ini dibuktikan dengan begitu banyaknya resep tradisional warisan nenek moyang dimana jeruk nipis merupakan bahan utamanya.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/09/manfaat-dan-khasiat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan.html

Pada umumnya masyarakat Indonesia mengenal buah jeruk nipis sebagai salah satu bahan dapur yang berfungsi sebagai penyedap masakan, penyegar, minuman, penghilang bau amis pada masakan, membersihkan karat pada logam, bahan pembuat asam sitrat, dan juga sebagai bahan campuran jamu.

Secara alami jeruk nipis ini bermanfaat untu obat batuk, menghilangkan dahak (mukolitik), memperlancar kencing (diuretik) dan keringat, serta sangat baik dalam membantu proses pencernaan.

Kandungan Nutrisi yang terdapat pada jeruk nipis yaitu Linalool, minyak terbang Limonene dan flavonoid, seperti Poncirin, Hesperidine, Rhoifolin dan Naringin. Pada buah jeruk nipis yang sudah masak mengandung Synephrine, N-methyltyramine, Asam sitrat, Kalsium, Fosfor, Besi, serta Vitamin A, B1, dan C. Sedangkan Asam sitrat yang dikandungnya dapat mencegah kambuhnya pasian setelah operasi batu ginjal.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk kesehatan

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan sangatlah banyak,dibawah ini contoh manfaat dan cara penggunaan jeruk nipis untuk kesehatan.

Manfaaat jeruk nipis untuk menurunkan Berat Badan
Masalah berat badan tentunya membuat anda kura pede dan kurang ideal dengan berat badan yang berlebihan, dengan mengonsumsi jeruk nipis akan membantu anda menurunkan berat badan dan dengan berat badan yang turun tentunya akan menambah rasa percaya diri pada diri anda. Dengan cara : siapkan jeruk nipis, iris, peras jeruk nipis campur dengan 1 sendok madu. Tambahkan air hangat dan aduk hingga rata, minum 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Manfaaat jeruk nipis untuk mengobati sakit gigi
Bagi anda pernah merasakan sakit gigi pastinya tahu banget bagai mana rasanya. Rasanya mau makan ini itu serasa tidak enak dan nyaman. Ya karena kita mengunyah dengan menggunakan gigi. Dengan memanfaatkan sari air jeruk nipis anda dapat mengurangi dan mengobati rasa sakit pada gigi anda. Dengan cara : iris jeruk nipis, campurkan perasan jeruk nipis dengan rendaman air kapur sirih, lakukanlah kumur - kumur dengan air campuran tersebut minimal 3 kali sehari.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Jerawat dan Komedo
Jeruk nipis dipercaya sejak jaman dahulu sebagai salah satu bahan alami yang paling ampuh untuk menghilangkan jerawat dan mendapatkan kulit yang mulus. Kandungan jeruk nipis mampu membersihkan sel-sel kulit mati serta mengurangi kadar minyak pada wajah.

Cara pakai:
  • Siapkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dan campur dengan 1 sendok teh madu
  • Aduk hingga rata
  • Oleskan pada wajah terutama pada bagian yang banyak jerawatnya
  • Biarkan selama 30 menit sampai atau sampai mengering
  • Bersihkan dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air dingin
  • Lalukan 2 – 3 kali dalam seminggu
Gunakan air perasan jeruk nipis secukupnya pada wajah sebelum tidur secara teratur untuk hasil terbaik.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Jeruk nipis kaya akan vitamn C yang menawarkan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan penyakit umum lainnya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang fit, tubuh Anda terlindungi dari infeksi dan penyakit.

Membantu lancarkan pencernaan
Jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau diare.

Mengobati Ambeien
Siapkan sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

Mengobati batuk
Satu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 _ sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

Memutihkan Kulit
Memiliki kulit yang putih adalah dambaan bagi sebagian orang. Tetapi terkadang impian itu membuat sedikit mengecewakan, karena untuk memperoleh kulit yang putih bagi sebagian orang memerlukan biaya yang mahal untuk pergi ke dokter. tapi tidak usah khawatir, dengan menggunakan jeruk nipis anda dapat akan mendapatkan kulit yang putih tanpa harus pergi ke dokter dan menghabiskan biaya yang tidak sediki. Dengan cara : siapkan jeruk nipis, potong jeruk nipis. Usapkan atau oleskan potongan jeruk nipis tadi pada kuli yang terlihat kusam. Lakukan secara rutin beberapa hari, minimal 2 kali sehari.

Nah itu dia beberapa manfaat dari jeruk nipis yang bisa saya sampaikan.Semoga bermanfaat!!!!


0 Response to " Manfaat dan Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan"

Posting Komentar