Manfaat Dan Khasiat Madu

Manfaat Dan Khasiat Madu untuk Kesehatan
Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, namun lebih kental dan rasanya manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari sari bunga. Sejarah penggunaan madu oleh manusia sudah cukup panjang. Dari dulu manusia menggunakan madu untuk makanan dan minuman sebagai pemanis atau perasa.

 http://rajaramuan.blogspot.com/2014/09/manfaat-dan-khasiat-madu.html

Sepanjang sejarah, madu sudah digunakan manusia untuk mengobati berbagai jenis penyakit,Sebelum antibiotik ditemukan di tahun 1930-an, madu masih digunakan dalam perawatan berbagai penyakit. Dengan beralihnya manusia ke pengobatan modern, madu kian tersisih perannya. Belakangan ini ketika banyak bakteri menjadi resisten terhadap obat-obatan, banyak orang “kembali ke alam” dengan memanfaatkan madu dalam pengobatan.

Berikut ini Manfaat dan khasiat madu untuk kesehatan dan pengobatan yang saya peroleh dari berbagai sumber.disimak ya!

Manfaat madu sebagai Sumber Karbohidrat
Siapa sangka madu mengandung karbohidrat murni yang bisa memberikan energi kepada tubuh? Jika Anda terbiasa untuk menikmati minuman berenergi saat merasa lelah atau bangun tidur, cepat ubah konsumsi Anda menjadi madu untuk menggugah energi dan menyegarkan tubuh.

Khasiat madu untuk Menurunkan berat badan
walaupun madu kaya akan karbohidrat,tapi ternyata tidak menyebabkan kegemukan malahan sebaliknya.Kombinasi madu dan air hangat bisa membantu membakar lemak. Karenanya, minumlah segelas ramuan ini setiap pagi agar Anda bisa menurunkan timbunan lemak ekstra dalam tubuh.

Manfaat Madu untuk Menghilangkan jerawat
Oleskan madu pada jerawat dan biarkan selama setengah jam. Setelah itu, bilas hingga bersih. Ulangi langkah yang sama untuk menyingkirkan jerawat secara alami.

Madu untuk Mengingkatkan sistem kekebalan tubuh
Salah satu manfaat kesehatan dari madu adalah meningkatkan kekebalan terhadap batuk dan dingin. Tak sebatas itu, minuman ini membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan penyakit.

Khasiat madu untuk mengatasi insomnia
Sulit tidur tentu bisa memperburuk kesehatan tubuh. Namun insomnia ternyata juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu. Sebab madu sifatnya mampu menurunkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Mengobati radang tenggorokan dan batuk
Manfaat madu yang selanjutnya adalah untuk mengobati radang tenggorokan dan batuk.Dalam berbagai penelitian klinis, madu telah terbukti efektif dalam mengobati radang tenggorokan dan batuk. Madu pun bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan air lemon untuk mendapatkan khasiat sehat lainnya.

Madu sebagai Antiseptik
Selain radang tenggorokan, khasiat madu yang mampu membunuh bakteri juga ampuh digunakan sebagai antiseptik pada luka luar. Madu dianggap menjadi salah satu obat pertolongan pertama yang mengobati luka terbakar maupun teriris benda tajam. Selain itu, madu adalah agen anti-inflamasi yang mencegah radang dan pembengkakan.

Madu untuk Penyembuh luka
Dalam dunia pengobatan masyarakat Yunani dan Romawi memelopori penggunaan madu untuk mengobati hidung tersumbat sementara itu bangsa mesir kuno menjadi pelopor pemanfaatan madu untuk mengobati luka. Mereka membuat salep dari madu untuk mengobati luka bakar dan luka akibat tusukan benda tajam.

Madu Sebagai antibiotik
Setelah ribuan tahun digunakan, khasiat madu sebagai obat luka terungkap secara ilmiah. Madu bekerja sebagai antibiotik alami yang sangggup mengalahkan bakteri mematikan. Madu sangat asam sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Madu menghasilkan hidrogen peroksida yang merupakan anti septik luar biasa. Proses osmosis di dalam madu membasmi bakteri kekentalan madu yang sedikit mengandung air menghasilkan proses osmosis menyerap air dari bakteri pada luka dan luka bakar, tak ubahnya spons menyerap air. Madu mengeringkan bakteri sehingga bakteri sulit tumbuh.

Madu untuk Antioksidan
Di Selandia Baru, terapi madu berhasil menyembuhkan lecet pada punggung pasien yang terlalu lama terbaring di ranjang rumah sakit. Di Uni Emirat Arab, terapi madu untuk terapi luka akibat herpes bibir dan alat kelamin mempercepat penyambuhan dan mengurangi rasa sakit. Sementara itu untuk membuktikan peran madu sebagai antioksidan peneliti di Universitas California membuktikan konsumsi madu mampu meningkatkan antioksidan dalam darah. Uji coba pada tikus untuk mengkaji kemampuan madu meningkatkan penyerapan kalsium memberikan hasil memuaskan. Riset di Universitas Purdue itu menyimpulkan, konsumsi suplemen kalsium bersama madu mampu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh.
Manfaat madu untuk Pengobatan penderita diabetes
Madu juga sudah terbukti bisa digunakan untuk pengobatan luka pada penderita diabetes dimana pasien tidak bisa menggunakan antibiotik.

Karena manisnya dari madu berupa fruktosa dan apabila masuk kedalam tubuh akan langsung diubah menjadi energi tanpa perlu hormon insulin untuk mengubahnya.Sehingga dapat menyembuhkan penderita diabetes.

Begitu banyak manfaat dan khasiat madu untuk kesehatan tubuh kita,ini baru sebagian kecil yang kita tahu.Ingin tahu lebih banyak manfaat madu lainya? Baca juga, berbagai macam khasiat madu untuk kecantikan. Semoga bermanfaat.